Berita

Postingan oleh admin Lazismu Banjarbaru

Tutup Tahun, Lazismu Banjarbaru Gelar Rakorda 2022

Card image cap
Tutup Tahun, Lazismu Banjarbaru Gelar Rakorda 2022

Postingan oleh. Lazismu Banjarbaru di kategori Kemanusiaan pada

11 June, 2024 | 14:05:46

lazismubanjarbaru.org – Menutup tahun 2022, Lazismu Kota Banjarbaru menggelar Rapat Kordinasi Daerah (Rakorda) sekaligus Pengajian Akhir Tahun, bertempat di Aula Panti Asuhan Putra Muhammadiyah, Sungai Ulin, Kota Banjarbaru, Sabtu Pagi (31/12).

Rakorda kali ini mengusung tema Peneguhan Ideologi dan Penguatan Kapasitas Kelembagaan Dalam Menjalin Kolaborasi Untuk Banjarbaru Berkemajuan.

Kegiatan diawali dengan pengajian oleh Ustadz Fathurahman Ghazali,Lc dengan tema Meningkatkan Semangat Kedermawanan Untuk Mencerahkan dan Memajukan Umat.

Kegiatan yang berlangsung dengan khidmat dan lancar ini dibuka secara resmi oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Banjarbaru Ir. Hasanul Basri, dalam sambutannya, Ia meminta seluruh Amal Usaha Muhammadiyah dapat berkolaborasi dengan Lazismu untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, ia juga memuji kegiatan Rakorda Diisi dengan pengajian.

Sambutan sekaligus membuka secara resmi Rakorda Lazismu Kota Banjarbaru oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Banjarbaru, Ir. Hasanul Basri. (Foto : Lazismu Banjarbaru)

“Alhamdulillah saya secara pribadi maupun Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Banjarbaru sangat bangga dan acaranya sangat bagus pada hari ini.” Ucapnya

Menurutnya kegiatan ini sangat mencerahkan dan menggugah para tamu undangan yang berhadir. Lazismu Kota Banjarbaru secara administrasi sudah betul dan berproses dengan baik, informasi dan pelaporan sangat transparan, tidak ada yang disembunyikan inilah karakter Muhammadiyah.

“Mudahan-mudahan dengan langkah ini orang semakin percaya, dengan kepercayaan itulah Muhammadiyah khususnya Lazismu bisa lebih berkembang dan bisa lebih maju, makanya harapan saya kedepan para pengurus maupun yang bergerak di Lazismu dapat bersungguh sungguh mengikuti aturan main yang sudah diterapkan dan kita menjadi orang-orang yang iklas dalam berbuat dan beramal, bisa membuat ketenangan sekaligus juga mendapatkan bahwa Muhammadiyah bisa mengantarkan Islam Rahmatan Lil’alamin.” Harapnya.

Penyampaian Laporan Kegiatan Rakorda Lazismu Kota Banjarbaru oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu Kota Banjarbaru, H. Abdul Aziz. (Foto : Lazismu Banjarbaru)

Sementara itu Manager Lazismu Kota Banjarbaru sekaligus Ketua Panitia Rakorda, Tito Dwi Wirawan, tujuan diadakannya Rakorda merupakan sebuah refleksi bagi Lazismu Kota Banjarbaru beserta mitra strategis untuk senantiasa menjalin komunikasi aktif serta meningkatkan kesadaran peran kolektif untuk membumikan gerakan memberi untuk negeri dalam segala bidang. Karena Lazismu Kota Banjarbaru tidak bisa bekerja sendiri, harus selalu ada partisipasi aktif dari seluruh stakeholder Lazismu itu sendiri, entah itu dari Majelis Lembaga dan Ortom serta Amal Usaha Muhammadiyah dibawah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Banjarbaru

“Alhamdulillah hari ini dapat terlaksana kegiatan pengajian akhir tahun dengan mengangkat tema Meningkatkan Semangat Kedermawanan untuk Mencerahkan dan Memajukan Ummat serta Rapat Kordinasi Daerah Lazismu Banjarbaru dengan tema peneguhan ideologi dan penguatan kapasitas kelembagaan dalam menjalin kolaborasi untuk Banjarbaru berkemajuan.” Ucap Tito.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Kota Banjarbaru, H. Abdul Aziz sedang menyampaikan laporan keuangan tahun 2022. (Foto : Lazismu Banjarbaru)

Rakorda Lazismu Kota Banjarbaru kali ini terdapat beberapa bahasan yaitu mulai dari pelaporan program keuangan tahun 2022 dan kolaborasi program dari mitra Lazismu Seperti Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah, Amal Usaha Muhammadiyah seperti sekolah dan masjid-masjid Muhammadiyah di Kota Banjarbaru dan Organisasi Otonom Muhammadiyah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Badan Pengurus Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan, Pimpinan Daerah serta Pimpinan Cabang Muhammadiyah se Kota Banjarbaru, Pimpinan Daerah beserta Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah se Kota Banjarbaru, perwakilan Amal Usaha Muhammadiyah seperti Masjid, sekolah dan panti asuhan Muhammadiyah, Pimpinan Organisasi Otonom Muhammadiyah Banjarbaru serta Kantor Layanan Lazismu se Kota Banjarbaru.

Dalam Rakorda kali ini juga, Lazismu Kota Banjarbaru memberikan apresiasi penghargaan Lazismu Award, kategori yang diberikan yaitu Filantropi sekolah terbaik (SD Muhammadiyah Hajjah Nuriyah), Filantropi masjid terbaik (Masjid Al Istiqomah), Filantropi Majelis, Lembaga & Ortom terbaik (PD ‘Aisyiyah Banjarbaru) dan terakhir Filantropi pelajar terbaik (M. Fakhri Hammy, siswa SD Muhammadiyah Hajjah Nuriyah). Serta, penyerahan bantuan modal usaha bagi 8 UMKM di Kota Banjarbaru dalam program pemberdayaan UMKM tahun 2022.

Lazismu Kota Banjarbaru juga menyerahkan secara simbolis berupa uang untuk korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat kepada Lazismu Wliayah Kalimantan Selatan, penyerahan bantuan pembangunan dapur Panti Asuhan Putra Muhammadiyah dan bantuan orang tua asuh Panti Asuhan,

Kembali